Jumat, 15 Mei 2020

Produksi Truk dan Bus Listrik, Hino kolaborasi dengan Pabrikan China, BYD

Produksi Truk dan Bus Listrik, Hino kolaborasi dengan Pabrikan China, BYD


Truk Listrik Hino dan BYD

Peluang mobil listrik sebagai mobil masa depan menjadikan pabrikan kendaraan terus melakukan inovasi. Berbagai penelitian mereka lakukan demi bisa memanjakan konsumennya.  Salah satu produsen mobil terbesar di dunia asal Jepang, Toyota juga ikut ambil bagian dalam penelitian pengembangan mobil yang teknologinya masih relatif baru tersebut. Hal itu sesuai dengan target perusahaan, dimana pada tahun 2025 mereka ingin 50% penjualan mereka berasal dari mobil listrik.

Untuk mewujudkan target perusahaan, Toyota dan salah satu anak perusahaannya yaitu Hino motors melakukan kerja sama dengan produsen mobil listrik asal China, BYD. Kolaborasi Hino motors dan BYD diwujudkan dalam pengembangan bus listrik dan truk listrikToyota Motor Corporation sebagai perusahaan induk juga melakukan kerjasama dengan BYD yang difokuskan pada pengembangan mobil penumpang listrik.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini Hino sedang melakukan penelitian untuk menghasilkan truk listrik. Akan tetapi  karena masih berupa prototip, jadi belum dilepas ke pasaran.  Meskipun demikian, Hino sudah pernah menampilkan hasil riset mereka di dalam Tokyo Motor Show pada Oktober 2019. Saat itu pabrikan truk ini menampilkan model konsep FlatFormer yang diibaratkan seperti landasan yang akan digunakan sebagai fondasi berbagai jenis kendaraan produksi mereka.

Hino melakukan kerjasama dengan BYD, karena perusahaan yang didanai investor Amerika Serikat, Warren Buffet in, sudah menghasilkan kendaraan komersial listrik. Di london, BYD telah memproduksi  bus dua lantai (double decker). Sedangkan di tingkat lokal  yaitu di Beijing, pabrikan ini telah selesai mengembangkan mobil pembersih jalan.

Menurut informasi yang diberikan perusahaan, sebenarnya BYD bukanlah satu-satunya pabrik mobil asal  China yang diajak kerja sama oleh Hino. Selama ini Hino juga telah memproduksi truk di China bersama perusahaan lokal di Ghuangzhou, GAC, yang juga menjadi rekanan Toyota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar