Selasa, 25 Februari 2020

Mobil Listrik Volkswagen Ternyata Sudah Ada Sejak Lama


Mobil Listrik Volkswagen Produksi Tahun 70-an


Penggunaan mobil listrik sebagai salah satu moda transportasi ramah lingkungan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dan demi mengikuti perkembangan dan gaya hidup konsumen, hampir semua produsen mobil berlomba-lomba untuk mengembangkan kendaraan tersebut. Berbagai riset telah dilakukan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan para konsumennya..

Volkswagen (VW) yang merupakan produsen mobil kawakan sudah lama melakukan penelitian untuk melahirkan kendaraan ramah lingkungan berbahan bakar listrik ini. Bukan dari tahun 2000an, akan tetapi produsen mobil ini sudah mulai melakukan riset bahkan sudah mengeluarkan produk sejak tahun 1970an. Pada awalnya, pabrikan otomotif asal Jerman ini memulainya dengan melaunching Bulli dan Beetle, prototipe mobil listrik pikap pada 1972 yang dilanjutkan dengan produksi tak lama sesudahnya.

Dengan baterai yang cukup besar dan berat (880 kg) menjadikan mobil ini juga memiliki berat yang lebih besar daripada mobil pada umumnya. Mobil listrik andalan VW tersebut memiliki bobot  2.170 kg dengan baterai yang mampu menyimpan tenaga listrik sebanyak 21.1 kWh. Untuk sekali perjalanan, baterai tersebut bisa digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak 85 km.

Demi mencukupi kebutuhan energi mobil tersebut, pihak VW menggandeng Rhenish-Westphalian Electricity dan kemudian General Electric Street Vehicle untuk membangun stasiun penggantian baterai di Tiergarten. Di tempat tersebut pengguna mobil listrik dapat menukar baterainya dengan baterai baru yang terisi penuh hanya dengan memakan waktu 5 menit. Selain itu, pengemudi juga bisa mengisi aterai dari Varta, menggunakan antarmuka di belakang kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar